Sagnabar

Asal Kata Sagnabar adalah plesetan dari nama kampung yang ada di Indonesia
spacer
Foto Saya
Nama:
Lokasi: Indonesia

ga bisa ngomongin tentang diriku sendiri

Pengunjung

Tammy Camp
Tammy Camp




Sponsor








Text Link Ads

AuctionAds: Increase the bid on your site's income!

Iklan









Copy kode di bawah ini:

Links

DMCA.com Free Domain Name - www.YOU.co.nr! Add to Technorati Favorites Blog Tutorial Blog Sharing KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Tutorial & Tips Blogger Indonesia Marketing & ecommerce http://azfaazfa.blogspot.com Rizoa Maskuero Blog Indonesian Muslim Blogger
 http://rizalpulungan.blogspot.com alle-in1 Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com Moch Rezana Ilham Personal Blog http://tautibona.blogspot.com





|

Kamis, 20 September 2007

Abasa (bermuka masam)

Surat Abasa (80, Juz 30)
1. Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling
2. karena telah datang seorang buta kepadanya
3. Tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa)
4. atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, lalu pengajaran itu memberi manfaat kepadanya?
5. Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup
6. maka kamu melayaninya
7. Padahal tidak ada (celaan) atasmu kalau dia tidak membersihkan diri (beriman).
8. Dan adapun orang yang datang kepadamu dengan bersegera (untuk mendapatkan pengajaran),
9. sedang ia takut kepada (Allah),
10. maka kamu mengabaikannya.
11. Sekali-kali jangan (demikian)! Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan,
12. maka barangsiapa yang menghendaki, tentulah ia memperhatikannya,
13. di dalam kitab-kitab yang dimuliakan
14. yang ditinggikan lagi disucikan,
15. di tangan para penulis (malaikat),
16. yang mulia lagi berbakti.

Riwayat Surat
Surat 'Abasa terdiri atas 42 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat An Najm. Dinamai 'Abasa diambil dari perkataan 'Abasa yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Menurut riwayat, pada suatu ketika Rasulullah s.a.w. menerima dan berbicara dengan pemuka-pemuka Quraisy yang beliau harapkan agar mereka masuk Islam. Dalam pada itu datanglah Ibnu Ummi Maktum, seorang sahabat yang buta yang mengharap agar Rasulullah s.a.w. membacakan kepadanya ayat- ayat Al Quran yang telah diturunkan Allah. tetapi Rasulullah s.a.w. bermuka masam dan memalingkan muka dari Ibnu Ummi Maktum yang buta itu, lalu Allah menurunkan surat ini sebagai teguran atas sikap Rasulullah terhadap ibnu Ummi Maktum itu.

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa firman Allah S.80:1 turun berkenaan dengan Ibnu Ummi Maktum yang buta yang datang kepada Rasulullah saw. sambil berkata: "Berilah petunjuk kepadaku ya Rasulullah." Pada waktu itu Rasulullah saw. sedang menghadapi para pembesar kaum musyrikin Quraisy, sehingga Rasulullah berpaling daripadanya dan tetap mengahadapi pembesar-pembesar Quraisy. Ummi Maktum berkata: "Apakah yang saya katakan ini mengganggu tuan?" Rasulullah menjawab: "Tidak." Ayat ini (S.80:1-10) turun sebagai teguran atas perbuatan Rasulullah saw.
(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan al-Hakim yang bersumber dari 'Aisyah. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Ya'la yang bersumber dari Anas.)

(Sumber Al Quran dan terjemahan Depag RI, Al Qur'an Digital)

Sebenarnya surat ini teguran yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW ketika beliau memalingkan wajahnya dari seorang sahabat yang buta, namun ayat ini sangat relevan dengan keadaan masyarakat pada masa sekarang ini, dimana budaya KKN sangat terasa. Seperti dalam ayat 1-6, masyarakat pada umumnya dan para pemimpin pada khususnya lebih senang melayani orang-orang yang merasa dirinya serba cukup karena dianggap akan lebih menguntungkan bagi dirinya, dan memalingkan wajahnya kepada orang yang kekurangan.
Sebuah teguran kecil bagi Rasulullah yang langsung menyadari kesalahan dan memperbaikinya. Namun teguran yang besar bagi kita bahkan jauh sebelum kita melakukan perbuatan tersebut, namun kita tidak menyadarinya.





geolocation

Google





My Web


Jadwal Sholat



Sedikit Pesan

Name :
Web URL :
Message :



Posting Sebelumnya

Powered by Blogger

Berlangganan
Entri [Atom]

Al-Qur'an
& Tarjamahnya


http://quran.kawanda.net